TUGAS 5 PEREKONOMIAN INDONESIA

Globalisasi berasal dari kata "global" yang mempunyai arti umum atau universal. Bahasa Inggrisnya globalisasi adalah globalization yang berasal dari kata globe yang artinya bumi atau dunia, dan ization yang mempunyai arti proses. Jadi kalau digabung globalization artinya adalah proses mendunia.

            Pengertian globalisasi secara umum yaitu suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia yang tidak lagi mengenal batas-batas wilayah suatu negara.

          
  •   Menerapkan teori perdagangan internasional  dalam kondisi globalisas.

Teori perdagangan internasional dibagi menjadi dua, yaitu ;
  1. Teori Keunggulan Mutlak (Adam Smith)
Negara akan memperoleh keunggulan mutlak,dikarenakan Negara tersebut mampu memproduksi barang dan jasa dengan biaya lebih rendah dari Negara lain.

  1. Teori Keunggulan Koperatif (David Ricardo)
Negara mengkhususkan dalam memproduksi apa yang mereka paling baik produksi.

Dari kedua teori diatas kita akan gabungkan,bahwa kita dapat memproduksi barang dan jasa dengan biaya relative rendah, dengan kualitas baik dan benar-benar mempunyai keunggulan baik kualitas maupun kuantitas, bisa bersaing dan bertahan di Era Globalisasi ini.

Dengan kata lain, negara kita akan mendapat keuntungan lebih dari era globalisasi ini. Karena biaya produksi yang cenderung murah tapi kualitasnya baik. Contoh saja, sudah banyak perusahaan-perusahan luar negeri dengan brand ternama yang membuat produknya di Indonesia seperti sepatu, baju, celana, makanan, minuman, dll. Dengan masuknya perusahaan-perusahaan tersebut membuat pemasukan negara bertambah dan angka pengangguran menjadi sedikit. Karena di dalam era globalisasi ini sudah tidak mengenal batasan-batasan lagi. jadi menurut saya masih bisa karena akan mendapatkan dampak yang sangat baik untuk suatu negara.

  • Mata uang asing khususnya dollar hingga saat ini masih menjadi standart pembayaran internasional 


 

  • Pengertian uang dibagi menjadi dua, yaitu ;
    Pengertian uang dalam ilmu ekonomi tradisional dan modern.
    1. Pengertian uang dalam ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Uang seperti ini disebut Uang Barang.
    2. Sedangkan dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya bahkan untuk pembayaran hutang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

    pada akhir perang dunia ke-2, negara-negara Eropa dan dunia mengalami kehancuran ekonomi. Mereka jatuh miskin bahkan tidak berdaya sekalipun untuk membangun negaranya kembali. Di tengah kondisi seperti itu, Amerika Serikat yang tidak ikut jatuh miskin memutuskan untuk membantu negara-negara tersebut dalam bentuk memberikan hutang atau pinjaman. Pinjaman tersebut dalam bentuk mata uang dolar. Dan sebagai jaminannya, negara-negara yang mau hutang harus menyerahkan emas kepada Amerika Serikat. Dengan begitu otomatis Amerika hampir menguasai emas seluruh dunia. Secara praktis, pasti dong jadilah dolar yang disokong emas dan dolar pula lah yang saat itu dipercaya sebagai mata uang.
    Karena “melayani” seluruh dunia, seiring perkembangan waktu Amerika harus mencetak uang dolar dalam jumlah banyak dan mendistribusikannya menyebar ke mancanegar.a Sehingga tanpa disadari ternyata Amerika sudah mencetak dolar terlalu banyak hingga jumlahnya melebihi cadangan emas yang ada. Pada akhirnya US Dollar dilepas pegging-nya dari nilai emas dan dibiarkan mengambang bebas. Inilah yang di zaman sekarang disebut dengan Fiat Money dimana uang yang dicetak sama sekali tak dijamin apapun.
    Namun perekonomian US makin meningkat, dolar pun ikut menguat. Negara-negara yang dulu meminjam uang pun sudah bisa membangun dan memulihkan negaranya. Bahkan sudah bisa mencetak mata uangnya sendiri-sendiri. Tapi, tetap saja mereka sudah begitu biasa dan percaya kepada dolar. Bahkan cadangan devisa tiap negara pun paling banyak dalam bentuk dolar. Nah saat itulah dolar sudah menjadi mata uang internasional yang dipakai seluruh dunia.
    • Resiko Menjadi Mata Uang Internasional

    Diatas sudah saya jelaskan sedikit. Jaman sekarang banyak mata uang yang tidak dicetak dengan dukungan cadangan emas atau yang disebut fiat money. Dolar sudah terlanjur tercetak banyak dan menyebar seluruh dunia, meskipun banyak orang bilang sebenarnya hal ini menguntungkan buat Amerika, namun ada hal-hal yang menjadi tanggung jawab US selaku pemilik dolar, mata uang internasional. Tanggung jawab tersebut adalah:
  1. Amerika Serikat harus tetap mempertahankan kepercayaan dunia terhadap dolar. Hal ini menjadi tugas yang cukup berat.
  2. Seandainya kepercayaan tersebut hilang, secara otomatis Amerika dengan dolarnya akan drop secara tiba-tiba. Ya meskipun saya yakin semua negara tidak menginginkan ini sih, karena kan cadangan devisa mereka dolar. Seandainya dolar tidak lagi dipercaya, pasti akan berimbas juga ke mereka.
  3. Akan lebih sulit dalam mengontrol likuiditasnya.

  • Bisakah mata uang euro menggantikan mata uang dollar sebagai mata uang internasional 



Bisa saja terjadi asalkan mata uang euro bisa memenuhi
  • Syarat Bisa Menjadi Mata Uang Internasional

Menjadi mata uang internasional wajib memiliki jumlah uang yang banyak karena akan dipakai di seluruh dunia. Kemudian pada poin berikutnya harus juga bisa menjaga kepercayaan dunia pada uang tersebut. Dengan menimbang syarat ini, tentu pemilik mata uang internasional haruslah negara yang kuat. Tidak hanya kuat ekonomi tapi juga kuat secara keaman politik negaranya.
Hal ini bisa dicontohkan seperti misalnya mata uang dinar milik negara Irak. Meskipun mata uang ini cukup kuat, namun keadaan negaranya tidak stabil karena dilanda perang. Hal ini menyebabkan kalau dinar dipakai jadi mata uang internasional, negara-negara yang mempunyai dan menyimpan dinar akan merasa was-was bila negara tsb akan hancur. Dan setelah negara hancur otomatis negara tersebut akan miskin dan mata uangnya akan anjlok melemah. Siapapun yang menyimpan mata uang asing, apalagi dalam jangka panjang pasti akan memikirkan hal ini. Mereka tidak mau rugi. Makanya dipilihlah US Dollar yang menjadi mata uang internasional karena negara Amerika Serikat diprediksi akan stabil dalam jangka panjang.
jadi bisa memungkinkan euro menjadi mata uang internasional apabilah euro bisa memenuhi syarat yg ada

  • Mata uang rupiah menjadi mata uang internasional.

menurut saya bisakah rupiah menjadi uang internasional, bisa apabilah mata uang indonesia bisa memenuhi syarat yang ada dan bisa mempertahankanya. tetapi kalau dilihat sekarang mata uang rupiah akan sangat sulit untuk menjadi sebagai mata uang internasional, kenapa, karena mata uang rupiah saat ini sangatlah lemah dilihat dari nilai tukar rupiah ke dollar saja sampai belasan ribu rupiah. jadi apabila indonesia mau membuat mata uang rupiah menjadi mata uang internasional indonesia harus menjaga nilai mata uang ,stabil ,nilai tukar harus setara atau bakan lebih ,harus terpecaya bagi negara lain dan harus dijaga dengan baik agar bisa menjadi mata uang internasional .jadi bukan sulit apabilah ada kemuan dan ada usaha yg bagus.
TUGAS 5 PEREKONOMIAN INDONESIA TUGAS 5 PEREKONOMIAN INDONESIA Reviewed by HI on 3:09 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.