Pengantar Komputer & TI 1A Perangkat Output Plotter

Pengantar Komputer & TI 1A
Perangkat  Output
Plotter



UNIVERSITAS GUNADARMA


Oleh :
·       Cici Indriyani                          (21216611)
·       Imam Darmanto                     (23216457)
·       Muhammad Rahmadan       (24216617)
·       Stania Diza D.                          (27216150)

Universitas Gunadarma
2016
Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-NYA sehingga penulis dapat menyeleaikan makalah “Perangkat Output Plotter” hingga selesai. Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan Ibu Lintang Yuniar Banowosariselaku Dosen Pengganti Bpk. Teuku Yunufa yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.














Sabtu, 22 Oktober 2016

Penulis
Daftar Isi
Kata pengantar…………………………………………………………………………i
Daftar isi………………………………………………………………............................ii
Bab I
Sejarah ………………………………………………………………………….
Pengertian……………………………………………………………………..
Rumusan masalah………………………………………………………….
Bab II
Penutup………………………………………………………………………...
Daftar pustaka……………………………………………………………….

















A.SEJARAH PLOTTER


Teknik cetak mencetak sudah dilaksanakan secara sederhana di Cina pada abad ke-14. Inovasi orang-orang Cina telah berhasil menciptakan tinta dan block printing yang berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tetapi perkembangan teknik cetak di Cina tidak sehebat dengan perkembangan yang terjadi di Eropa. Hal ini terjadi disebabkan alfabet Cina memiliki ribuan ideogram spesifik, yang sangat sukar jika diterapkan di mesin tik. Akibatnya, hampir tidak ada perubahan yang berarti dalam hal efisiensi produksi di Cina sebagaimana yang terjadi di Eropa.

Di awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di Eropa yang menimbulkan kebutuhan akan proses produksi dokumen tulisan yang cepat dan murah. Adalah Johannes Guternberg, seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak yang telah mengubah tehnik mencetak secara revolusioner. Percetakan sendiri mungkin merupakan penemuan yang paling penting pada millennium lalu, walaupun dampak yang ditimbulkannya pada perekonomian global tidak terlalu besar. Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yang diproduksi secara massal.
The F.L. Mosley Company di Pasadena, California. Membuat perekam grafis XY ketika Hewlett Packard membeli perusahaan itu pada tahun 1958. ini langsung menjadi devisi HP yang memproduksi Plotter pena. Pada tahun 1959 diperkenalkan model Calcomp 565 Plotter pena pertama, dan bisa menangani media sampai 11 inci,

Pada tahun 1970-an, HP dan Tektronix mengembangkan dan menjual Plotter pena berukuran sebesar meja (desk-sized flatbed pen plotters). Pada tahun 1981, HP memasuki pasar Plotter Format Lebar dengan model HP 7580. Plotter ini dengan kertas bergerak, duakali lebih cepat dari produk sebelumnya




B. PENGERTIAN PLOTTER
Plotter adalah mesin cetak yang hasil outputnya berupa grafis dengan menggunkan tinta pewarna untuk menggambarnya dan mencetak gambarnya dengan ukuran yang lebih besar seperti ukuran gambar arsitektur dibanding mesin cetak printer yang hanya memiliki ukuran cetak 4A.

1)  FUNGSI PLOTTER
Plotter berfungsi untuk mencetak gambar dari inputan yang berbentuk file menjadi output yang berupa grafis dengan ukuran yang besar. Plotter memiliki kesamaan fungsi dengan printer namun memiliki perbedaan yaitu pada ukuran dalam mencetak gambar.
Plotter sering digunakan untuk membuat peta, gambar-gambar arsitekture ataupun ilustri 3D yang memiliki ukuran besar atau gambar dengan kualitas yang tinggi. Bahan yang digunakan untuk mancetak grafis pada plotter adalah kertas, vinyil, karet, gabus, kulit dan lainnya.
Plotter kini digunakan pada gambar teknik serta aplikasi CAD, karena kemampuannya bekerja pada ukuran kertas yang besar dengan tetap menjaga resolusi yang tinggi. Dengan menggantikan penanya dengan cutter, plotter juga bisa digunakan untuk menggunting pinggiran dengan akurat serta dapat membentuk suatu pola.
2)     PRINSIP KERJANYA PLOTTER PENA

Pada Plotter pena memiliki prinsip kerja yaitu dalam mencetak gambar menggunakan satu pena atau sejumlah pena atau sejumlah pena warna warni untuk menggambar pada kertas atau plastik transparan namun dalam menggambar plotter pena tidak menghasilkan keluaran berbentuk pola titik-titik atau garis-garis tetapi dalam bentuk garis kontinyu.
Pada Plotter Pena hanya mampu menggambar garis ketimbang gambar raster seperti percetakan biasa dan setiap melakukan proses pewarnaan plotter Pena tidak mampu mewarnai satu blok

3)     JENIS-JENIS PLOTTER
Ø  Berdasarkan prinsip kerjanya, jenis plotter dapat berupa :
1.       Plotter pena
Pada prinsipnya plotter pena memiliki satu pena atau sejumlah pena berwarna-warni untuk menggambar pada kertas atau plastik transparan. Plotter pena tidak membuat keluaran berbentuk pola titik-titik., tetapi keluaran dalam bentuk garis kontinyu.
2.         Plotter Elektrostatis
Prinsip kerja Plotter Elektrostatis kertas diletakkan pada tempat datar kemudian dibuat seperti mesin fotocopy yaitu dengan memberi tegangan listrik pada kertas, tegangan listrik kemudian akan menarik tinta untuk melekat pada kertas kemudian tinta akan dicairkan dengan pemanas. Dari segi kualitas antara Ploter Pena dengan Plotter Elektrostatis lebih baik plotter Pena tetapi dalam segi kecepatan lebih baik Plotter Elektrostatis.


3.   Plotter Thermal
Prinsip kerja plotter thermal menggunakan pin yang dipanasi secara elektronis kemudian pin tersebut dilewatkan pada jenis media yang peka terhadap panas sehingga berbentuk gambar. Kelebihan Plotter Thermal adalah dapat digunakan pada kertas maupun pada film buram.
ØDalam perkembangannya ada jenis plotter lain yang akan dibahas, yaitu :
1.      Plotter Pemotong
Plotter jenis ini dapat sekaligus memotonh bahan vinyl, karet, gabus, kulit, dan lain-lain. Contoh pemanfaatannya yaitu pada industri sepatu atau industri pakaian, untuk memotong pola atau bahan sekaligus.
2.      Plotter Format Lebar
Plotter format lebar biasa digunakan oleh perusahaan grafis, karena plotter jenis ini dapat membuat cetakan berwarna dalam kertas yang sangat lebar. Teknologi yang digunakan ada yang menyerupai printer ink-jet ataupun plotter thermal.
4)     KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PLOTTER

Ø  Adapun yang menjadi kelebihan dari plotter adalah :

o   Plotter dapat mencetak halaman kerja dengan skala yang besar.
o   Pemapatan dari head plotter lebih teratur dan merapat sehingga hasil dari cetakan plotter lebih bagus dan tidak mudah pecah.
o   Dalam plotter pena proses pengerjaan atau dalam proses pencetaknya menggunakan teknik line per line hingga membentuk daerah arsir yang merapat dan juga cetakan yang dihasilkan pastinya lebih bagus.
o   Dalam plotter pemotong kelebihanya dapat sekaligus mencetak pola seperti bahan vinyl, karet, gabus, kulit, dan lain-lain. Contoh pemanfaatannya yaitu pada industri sepatu atau industri pakaian, untuk memotong pola atau bahan sekaligus.
o   Memiliki port dan slot memory atau media penyimpanan seperti memory micro yang langsung dapat diintegrasikan dengan plotter tanpa melakukan kerja dikomputer. Dan sampai saat ini ada plotter yang sudah memiliki LCD yang melekat pada bagian depan plotter sehingga dapat memudahkan user untuk memilih objek yang akan dicetak tanpa menggunakan kerja dari komputer.

Ø  Adapun kelemahan dari plotter adalah :

o   Karena hasil cetakan plotter rata-rata menghasilkan hasil yang memuaskan, otomatis waktu pengerjaan yang dibutuhkan juga relatif lambat, terutama pada plotter pena yang dalam pengerjaanya membuat arsiran-arsiran pada kertas format lebar secara merapat hingga membentuk suatu karakter.
o   Untuk beberapa jenis plotter seperti ploter thermal dan juga plotter pena cepat mengalami panas terutama pada pin dan juga pena yang digunakan untuk mencetak pada plotter.
o   Sulit untuk mencetak format kertas yang ukuranya lebih kecil dan juga hasilnya tidak memuaskan.
o   Mudah menghabiskan tinta pada ink jet plotter karena mencetak dalam format ukuran yang lebar.
o   Spare part dan accesoriess yang dimiliki oleh plotter memiliki harga yang cukup relatif mahal
C. PERBEDAAN PLOTTER DAN PRINTER
Adapun yang membedakan plotter dengan printer adalah menjurus pada alat dan juga ukuran yang dapat dicetak pada kedua alat ini. Pada plotter, Pena plotter mencetak dengan menggerakkan pena atau instrumen lainnya di seluruh permukaan kertas yang lebar. Plotter pena dapat menggambar garis yang kompleks, termasuk teks, tetapi pengerjaanya secara perlahan karena gerakan mekanis pena. Mereka sering tidak mampu secara efisien menciptakan suatu daerah yang solid warna, tetapi dapat menetas daerah dengan menggambar dengan garis-garis yang teratur.
Sedangkan Printer salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus dan juga ukuranya relatif lebih kecil daripada sebuah plotter.
Jadi keduanya sama-sama sebuah perangkat keras yang dapat mencetak gambar pada media tertentu berdasarkan perintah dari komputer. Namun Plotter berbeda dari printer mereka menggambar garis menggunakan pena. Akibatnya, mereka dapat menghasilkan garis yang berkelanjutan, sedangkan printer hanya dapat mensimulasikan garis dengan mencetak serangkaian titik-titik yang berdekatan.


BAB II
PENUTUP

1. Kesimpulan
Dari Paparan atau penjelasan di atas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa sesuai dengan makalah “Perangkat Output Plotter” penulis menyimpulkan bahwa plotter pena dapat menggambar garis yang kompleks, termasuk teks, tetapi pengerjaanya secara perlahan karena gerakan mekanis pena. Mereka sering tidak mampu secara efisien menciptakan suatu daerah yang solid warna, tetapi dapat menetas daerah dengan menggambar dengan garis-garis yang teratur.
2. Saran
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan detail dalam menjelaskan tentang Perangkat Output Plotter  dengan sumber-sumber yang lebih banyak yang tentunya dan dapat di pertanggung jawabkan. Untuk itu penulis butuh saran dan kritik untuk perbaikan makalah ini maupun untuk kedepannya.



Pengantar Komputer & TI 1A Perangkat Output Plotter Pengantar Komputer & TI 1A Perangkat  Output Plotter Reviewed by HI on 6:34 AM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.