TUGAS 2 PEREKONOMIAN INDONESIA


Sumber pembiayan pembangunan :
  • tabungan masyarakat adalah bagian dari pendapatan masyarakat pada periode tertentu yang secara sukarela tidak digunakan untuk konsumsi pada periode tersebut. masyarakat yang produktif akan memberikan kontribusi yang berarti dalam pembangunan apabila Tabungan masyarakat adalah bagian dari pendapatan yang diterima masyarakat yang dengan sukarela tidak digunakan untuk konsumsi. conoth ; Asuransi dan BPJS
  •   Tabungan pemerintah adalah keseluruhan pendapatan yang diterima pemerintah dikurangi dengan total pengeluaran rutin. contoh ; BANK pemerintah dan BUMN
  •  Tabungan paksa adalah langkah yang dilakukan pemerintah untuk melakukan pinjaman ke masyarakat, badan-badan keuangan di luar bank komersial (LKBB), bank komersial, bank sentral dan mencetak uang baru dalam rangka menanggulangi defisit anggaran. contoh ; pajak 
  •  Hasil dari perdagangan luar negeri, yaitu yang diperoleh dari kelebihan nilai ekspor dikurangi nilai impor. contoh ; penghasialan dari ekspor di kurang impor.

                    pembangunan berwawasan lingkungan :
  • Pembangunan berwawasan lingkungan adalah usaha meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memerhatikan factor lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan dikenal dengan nama pembangunan berkelanjutan.
  •  Konsep pembangunan berkelanjutan merupahkan kesepakatan hasil KTT bumi di Rio de jeniro tahun 1992 didalamnya terkandung 2 gagasan penting, yaitu
  •  Gagasan kebutuhan, khususnya kebutuhan pokok manusi untuk menopang hidup
  •  Gagasan keterbatasan, yaitu keterbatasan kemempuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan baik masa sekarang maupun masa yang akan datang
 contohnya
·         Pembatasan penggunaan bahan bakar fosil, agar dapat menyelamatkan iklim dan kelangkaan bahan bakar di masa yang akan datang
·         Penggunaan Green Energy (energi hijau) di masa depan seperti penggunaan energi matahari, angin maupun air sebagai pembangkit listrik
·         Penggunaan barang bekas atau barang hasil daur ulang untuk keperluan sehari-hari;
Penggunaan plastik organik, yang bisa terurai
·         Selalu membawa keranjang belanja atau kantong/tas barang sendiri ketika berbelanja, agar dapat mengurangi jumlah sampah yang dapat merusak lingkungan
·          Pelestarian hutan, dengan cara tidak menebangnya atau mengkonversi menjadi lahan permukiman
·         Reklamasi lahan tandus
·         Pengolahan sampah dengan cara 4R yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang) dan Replace (mengganti)
·         Mengurangi penggunaan insektisida yang berlebihan
·         Penggunaan barang yang terbuat dari bahan ramah lingkungan
    •                       Pembangunan berwawasan lingkungan misalnya di unnes sendiri terdapat salah satu pilar konservasi yaitu green architecture (arsitektur hijau), Summarenco Bekasi akan menjadi ikon kawasan hunia dan komersial terbik di Bekasi. Dikembangkan di atas lahan 240 hektar, Summarenco Bekasi mulai di bangun pada november 2010 dengan kosep hunian yang berwawasan lingkunan. Konsep ini digunakan agar terjadinya keseimbangan dengan lingkungan. 



Komponen pendapatan nasional


1. Produk Nasional Bruto (GNP)
M.nurut Suherman Rosyidi, GNP (Gross National Product) atau PNB (Produk Nasional Bruto) didefinisikan sebagai nilai pasar untuk semua barang dan jasa akhir yang dihasilkan dalam suatu perekonomian selama satu tahun. Produk Nasional Bruto atau PNB meliputi nilai produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara (nasional) selama satu tahun; termasuk hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh warga negara yang berada di luar negeri, tetapi tidak termasuk hasil produksi perusahaan asing yang beroperasi di wilayah negara tersebut.
GNP = GDP  +  Produk Neto terhadap Luar Negeri
2. Produk Nasional Neto (NNP)
Produk Nasional Neto (Net National Product) adalah GNP dikurangi depresiasi atau penyusutan barang modal (sering pula disebut replacement). Replacement penggantian barang modal/penyusutan bagi peralatan produski yang dipakai dalam proses produksi umumnya bersifat taksiran sehingga mungkin saja kurang tepat dan dapat menimbulkan kesalahan meskipun relatif kecil.
NNP = GNP- Penyusutan
NNP = (GNP- Penyusutan) + Subsidi
3. Pendapatan Nasional Neto (NNI)
Pendapatan Nasional Neto (Net National Income) adalah pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa yang diterima oleh masyarakat sebagai pemilik faktor produksi. Besarnya NNI dapat diperoleh dari NNP dikurang pajak tidak langsung yang dimaksud pajak tidak langsung adalah pajak yang bebannya dapat dialihkan kepada pihak lain seperti pajak penjualan, pajak hadiah, dll.
NNI = NNP- Pajak Tidak Langsung
4. Pendapatan Perseorangan (PI)
Pendapatan perseorangan (Personal Income)adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh setiap orang dalam masyarakat, termasuk pendapatan yang diperoleh tanpa melakukan kegiatan apapun. Pendapatan perseorangan juga menghitung pembayaran transfer (transfer payment). Transfer payment adalah penerimaan-penerimaan yang bukan merupakan balas jasa produksi tahun ini, melainkan diambil dari sebagian pendapatan nasional tahun lalu, contoh pembayaran dana pensiunan, tunjangan sosial bagi para pengangguran, bekas pejuang, bunga utang pemerintah, dan sebagainya. Untuk mendapatkan jumlah pendapatan perseorangan, NNI harus dikurangi dengan pajak laba perusahaan (pajak yang dibayar setiap badan usaha kepada pemerintah), laba yang tidak dibagi (sejumlah laba yang tetap ditahan di dalam perusahaan untuk beberapa tujuan tertentu misalnya keperluan perluasan perusahaan), dan iuran pensiun (iuran yang dikumpulkan oleh setiap tenaga kerja dan setiap perusahaan dengan maksud untuk dibayarkan kembali setelah tenaga kerja tersebut tidak lagi bekerja).
PI = ( NNI +Transfer Payment) – (iuran Jaminan Sosial+iuran Asuransi+Laba Ditahan+Pajak Perseorangan)
5. Pendapatan yang siap dibelanjakan (DI)
Pendapatan yang siap dibelanjakan (Disposable Income) adalah pendapatan yang siap untuk dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi dan selebihnya menjadi tabungan yang disalurkan menjadi investasi. Disposable income ini diperoleh dari personal income (PI) dikurangi dengan pajak langsung. Pajak langsung (direct tax) adalah pajak yang bebannya tidak dapat dialihkan kepada pihak lain, artinya harus langsung ditanggung oleh wajib pajak, contohnya pajak pendapatan.
DI = PI – Pajak langsung
 6Produk Domestik Bruto atau PDB
Pengertian Produk Domestik Bruto atau PDB adalah hasil output produksi dalam suatu perekonomian dengan tidak memperhitungkan pemilik faktor produksi dan hanya menghitung total produksi dalam suatu perekonomian saja.
Rumusnya adalah 
PDB = C + G + I + ( X - M )
atau 
produk domestik bruto = pengeluaran rumah tangga + pengeluaran pemerintah + pengeluaran investasi + ( ekspor - impor )

7. Pendapatan Perkapita (Per Capita Income)

Pendapatan Perkapita (Per Capita Income) adalah besaran pendapatan rata-rata dari penduduk suatu negara yang mencerminkan besaran Pendapatan Domestik Bruto (biasa disebut PDB) per kapita.

Pendapatan Per kapita suatu negara bisa menjadi patokan untuk melihat tingkat kemakmuran dan kemajuan pembangunan dari sebuah negara. Dimana semakin besar pendapatan perkapita berarti makin makmur negara tersebut.

rumus=
Pendapatan perkapita tahun X  = 
Pendapatan Nasional Bruto tahun X dibagi dengan Jumlah Penduduk tahun X


sumber;
·         Rumus komponen pendapatan

TUGAS 2 PEREKONOMIAN INDONESIA TUGAS 2 PEREKONOMIAN INDONESIA Reviewed by HI on 7:56 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.