PEMASARAN KULINER DAN PARIWISATA INDONESIA

PEMASARAN KULINER 
DAN PARIWISATA INDONESIA



DISUSUN OLEH :
·       MUHAMAD RAHMADAN    (24216617)
MATA KULIAH: PENGANTAR BISNIS
DOSEN: DEASY DWI HANDAYANI
UNIVERSITAS GUNADARMA

2016

Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-NYA sehingga penulis dapat menyeleaikan makalah “pemasaran kuliner dan pariwisata indonesia” hingga selesai. 
Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Sabtu, 22 Oktober 2016

M Rahmadan











                                       
DAFTAR ISI
Kata Pengantar.......................................................................................i
Daftar Isi...............................................................................................ii
Bab I Pendahuluan
1.    Latar Belakang.............................................................................1
2.     Pokok Permasalahan........................................................................1
3.     Tujuan Permasalahan...................................................................1
Bab II Pembahasan
1.    Pengertian Kuliner dan Pariwisata ...........................................2
2.    Pengertian, Saluran, Strategi, Kinerja Pemasaran.....................3
3.    Kuliner khas Bengkulu dan Pariwisata Indonesia....................6
4.    Cara Pemasaran Menurut Saya...............................................13
Bab III Penutup
1. Kesimpulan..............................................................................14
2. Saran........................................................................................14
3. Daftar Pustaka..........................................................................15


 BAB 1
PENDAHULUAN

1.     LATAR BELAKANG
Pada saat ini kuliner dan pariwisata menjadi suatu industri yang berpotensial dalam meningkatkan perekonomian suatu negara. Kegiatan pariwisata tidak hanya berekreasi atau melihat pemandangan semata, akan tetapi wisatawan juga ingin mencari dan menikmati sesuatu atau pengalaman baru untuk memenuhi keinginannya. 
Seperti sekarang yang sedang berkembang pesat yaitu wisata kuliner dan pariwisata indonesia. Banyak wisatawan yang ingin merasakan dan serta mencoba makanan dan minuman khas dari suatu daerah yang mereka kunjungi.

2.     POKOK PERMASALAHAN
1. Bagaimana cara memasarkan kuliner dan pariwisata Indonesia.?
3.     TUJUAN PERMASALAHAN
1. Mengetahui bagaimana cara memasarkan kuliner dan pariwisata Indonesia.








BAB II
PEMBAHASAN

1.     PENGERTIAN KULINER DAN PARIWISATA
A.   PENGERTIAN KULINER
Kuliner adalah suatu bagian dari hidup yang erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehari – hari. kuliner jua dapat di artikan selaku hasil olahan yang berupa masakan. dan juga masakan tersebut berupa lauk – pauk, makanan / panganan beserta minuman.
Berdasarkan pengertian wisata kuliner itu, Anda yang memiliki hobi jalan­jalan dan makan sangat cocok untuk melakukan kegiatan ini. Bila Anda doyan makan, pasti Anda akan berusaha mencicipi makanan yang baru. Entah rasa makanan yang lebih sedap, inovasi makanan yang jadi baru, mencicipi cita rasa yang masih ‘perawan’ di lidah, atau makan sambil menikmati city view dari restoran yang dikujungi, bisa menjadi kesenangan tersendiri.
B.     PENGERTIAN PARIWISATA
Secara Etomoogi pariwisata berasal dari dua kta yaitu “ pari” yang berarti banyak/berkeliling, sedangkan pengertian wisata berarti “pergi”. Didalam kamus besar indonesia pariwisata adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan perjalanan rekreasi. Sedangkan pengertian secara umum pariwisata merupakan suatu perjalanan yang dilakukan seseorang untuk sementara waktuyang diselenggarakan dari suatu tempat ketempat lain dengan meninggalkan tempat semula dan dengan suatu perencanaan atau bukan maksud mencari nafkah di tempat yang dikunjunginya, tetapi semata mata untuk menikmati kegiataan pertamasyaan atau reakreasi untuk memenuhi keinginan yang beraneka ragam.



2.     PENGERTIAN, SALURAN, STRATEGI DAN KINERJA PEMASARAN
A.   PENGERTIAN PEMASARAN
·         Menurut Kotler (2009) Pemasaran (marketing) adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Salah satu definisi yang baik dan singkat dari pemasaran adlah pemenuhan kebutuhan dengan cara yang mengunungkan, menguntungkan bagi produsen dan juga bagi konsumen. Beberapa hal yang dipasarkan antara lain barang, jasa, acara, pengalaman, tempat, property (hak kepemilikan), organisasi, informasi, dan ide. Tujuan lain dari pemasaran adalah sebagai langkah mempertahankan pelanggan yag telah ada. Mempertahankan pelanggan memang terlihat mudah, hal ini lebih baik daripada mencari pelanggan baru yang lebih besar dengan tingkat biaya yang lebih besar pula. 

·         Menurut Stanton dalam Umar (2005), Pemasaran meliputi keseluruhan sistem yang berhubungan dengan kegiatan usaha yang bertujuan merencanakan, menentukan harga, hingga mempromosikan, dan distribusi barang atau jasa yang akan dipasarkan. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemasaran meliputi perencanaan kegiatan, penentuan harga produk, promosi produk, dan juga distribusi produk barang atau jasa yang dipasarkan. Jangkauan pemasaran dapat menjadi sangat luas jika dijabarkan mulai dari produsen hingga tangan konsumen. Ruang lingkup pemasaran yang sangat luas dapat diringkas dalam 4P, yaitu produk (Product), harga (Price), distribusi (Place), dan promosi (Promotion).

·         Menurut Abdullah (2012), Pemasaran adalah kegiatan kreasi dan realisasi sebuah standar hidup. Kegiatan pemasaran meliputi menyelidiki dan mengetahui apa yang diinginkan konsumen, kemudian merencanakan dan mengenbangkan sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hingga akhirnya memutuskan cara terbaik untuk menentukan harga, promosi produk, dan mendistribusikan produk tersebut. Pemasaran (marketing) dapat juga diartikan sebagai sistem total untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan juga mendistribusikan barang untuk memuaskan keinginan konsumen. Perencanaan pemasaran meliputi penentuan sasaran dan cara yang ditempuh dalam memasarkan produk tersebut. Penentuan harga dilakukan untuk memperbesar laba namun tidak memberatkan bagi konsumen, dengan kata lain mencari laba sekecil mungkin namun memaksimalkan jumlah produk yang terjual. Promosi digunakan sebagai langkah pengenalan produk. Distribusi digunakan sebagai saluran pemasaran agar produk sampai pada tangan kosumen.

B.    SALURAN PEMASARAN
Menurut Alma (2007), saluran pemasaran adalah lembaga yang saling berkait untuk menjadikan produk barang atau jasa siap digunakan/dikonsumsi. Saluran pemasaran sangat penting bagi produsen, sebab produsen tidak akan sanggup menyalurkan hasil produksi hingga ke tangan konsumen. Saluran pemasaran ini berfungsi sebagai:
·         Pemberi informasi tentang keadaan lapang, daya saing, penerimaan konsumen,       selera konsumen; 
·         Membantu kelancaran pemasaran; 
·         Negosiasi harga dan sistem penyaluran; 
·         Pembiayaan lebih mudah;
·         Unsur resiko lebih kecil karena ditanggung pihak penyalur.

Beberapa cara dalam menyalurkan produk dari produsen ke konsumen ada tiga, yaitu penyaluran langsung dari produsen ke konsumen, penyaluran semi langsung dengan satu perantara, dan penyaluran tak langsung melalui lebih dari satu perantara. untuk lebih lengkapnya silahkan pelajari tentang teori analisis margin pemasaran menurut pendapat para ahli.

C.    STRATEGI PEMASARAN
Menurut Kotler dan Amstrong dalam Rizki (2013), seluruh strategi pemasaran dibangun berdasarkan STP, yaitu Segmentation, Targeting, dan Positioning. Segmentasi (Segmentation) adalah proses penempatan konsumen dalam subkelompok pada pasar produk, sehingga sekelompok konsumen ini memiliki tanggapan yang hampir sama mengenai produk tersebut. Penetapan pasar sasaran (Targeting) adalah suatu cara dalam mengevaluasi dan memutuskan berapa segmen pasar yang akan dicakup atau dilayani dalam sebuah pemasaran produk. Perumusan posisi produk (Positioning) adalah suatu cara dalam merumuskan produk yang dipasarkan melalui kuisioner yang telah disebar pada masyarakat.  

D.   KINERJA PEMASARAN
Menurut Ferdinand dalam Suendro (2010), kinerja pemasaran merupakan salah satu faktor yang digunakan dalam mengukur strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Kinerja pemasaran erat kaitannya dengan strategi pemasaran karena setiap strategi yang dilakukan oleh perusahaan selalu mengarah pada perbaikan kinerja. Kinerja dalam hal ini dapat diartikan dalam proses pemasaran seperti banyaknya jumlah produk yang terjual dan juga loyalitas konsumen terhadap produk yang diproduksi oleh perusahaan.















3.     KULINER KHAS BENGKULU DAN PARIWISATA INDONESIA
A.    .KULINER BENGKULU
·         PENDAP

Jika melihat bentuk dari pendap, kita akan teringat makanan khas Jawa yakni botok. Botok dan pendap memiliki bentuk yang sama karena dibungkus daun, memiliki bahan yang sama yakni kelapa, dan sama-sama menggunakan daging. Hanya saja pendap lebih berasa asam yang didapat dari proses lama waktu perebusan dan bumbu yang bervariasi masakan ini terkenal dengan rasa yang kuat karena bumbu-bumbunya yang beraneka ragam, beberapa racikan yang perlu disiapkan adalah bawang putih, bawang merah, kencur, kelapa, cabai giling, dan tentunya daging ikan segar. Bahan-bahan tersebut kemudian di aduk dengan kelapa yang telah di parut. Setelah proses pencampuran merata, masukan sepotong ikan, lalu di rebus.
·         LEMAH 
adalah sebuah nama makanan khas rejang. Komposisinya terdiri dari rebung yang dicincang-cincang dan di campur ikan air tawar seperti ikan mujair, sepat, maupun ikan-ikan kecil lainya yang hidup di air tawar. Stelah di cincang rebung yang di campur dengan ikan tersebut di aduk-aduk, makan adonan tersebut disimpan kedalam wadah yang dilapisi dengan daun pisang dan ditutup rapat-rapat
                                                                                                     







·         LEPEK BINTI 
adalah makanan sejenis kue khas Bengkulu. Untuk membuatnya, kita perlu mempersiapkan dua bagian kue ini, yakni bagian adonan kulit dan isi yang nantinya siap diselimuti adonan kulit. Untuk adonan kulit, makanan ini terbuat dari tepung ketan, garam, dan satan. Sedangkan untuk isinya adalah gilingan daging sapi yang diolah dengan dicampuri bumbu santan, lengkuas dan daun salam. Semua bahan tersebut di bungkus daun pising dan di rebus. Seiring zaman sekarang banyak makanan ini di buat dengan cara yang berbeda dan isinya juga bervariasi

·         BAGAR HIU 
Gambar Makanan Bagar Hiu Khas Bengkulumerupahkan makanan khas Bengkulu pertama yang berbahan dasar dari ikan hiu. Sesuai dengan namanya, masakan ini menggunakan daging ikan hiu dan biasanya jenis yang dilakukan dalah hiu punai atau hiu tantuk karena tidak terlalu amis dan memiliki kulit yang lembut dan cita rasa yang tidak terlau amis. Konon bagar hiu merupahkan salah satu makanan terfavorit mantan presiden soekarno selama masa pengasinganya pada 1938-1942



B.     PARIWISATA INDONESIA
·         PULAU KOMODO Sudah pernahkah Anda pergi ke Pulau Komodo? Pulau yang pada tahun 1986 ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Jika Anda mengunjungi lokasi wisata yang berada di Nusa Tenggara ini pastinya Anda tidak akan menyesal. Banyak pengalaman indah yang pasti bisa Anda rasakan selama berada di Pulau Komodo
tempat wisata terindah di indonesia - pulau komodo
·         TRIO GILI LOMBOK Tempat wisata di Indonesia yang tidak kalah indahnya dengan Pulau Komodo adalah Trio Gili. Tiga pulau cantik yang terletak di kawasan Lombok. Keindahan ketiga pulau yang diberi nama Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air itu juga sudah mengundang decak kagum dari para wisatawan mancanegara.
tempat terindah di indonesia - trio gili lombok


·         RAJA AMPAT Pasti Anda sangat familiar dengan nama tempat wisata yang satu ini. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa Raja Ampat merupakan salah satu surga dunia yang terletak di Indonesia. Tempat terindah di Indonesia yang satu ini sudah mencuri perhatian dunia, dengan pulau Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta sebagai empat pulau utamanya.
tempat wisata indah di indonesia - raja ampat


·         DANAU SENTANI Wisata alam yang juga tidak kalah indahnya adalah Danau Sentani, danau terbesar di Papua. Banyak hal yang bisa Anda lakukan di sana, misalnya memancing, berkeliling danau naik perahu, dan sebagainya.
wisata terindah di indonesia - danau sentani
·         BALI Berbicara mengenai wisata alam, Bali sepertinya menjadi salah satu surga yang tidak boleh dilewatkan oleh para pelancong. Banyak sekali lokasi indah yang ada di Pulau Dewata, Bali. Mulai dari pantai, danau, gunung, dan sebagainya.
tempat terindah di indonesia - bali
·         TAMAN LAUT BUNAKENTaman Laut ini merupakan sebuah tempat wisata yang juga sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Di lokasi ini ada sekitar 30 titik penyelaman yang menjadi favorit para penyelam dari seluruh dunia.

tempat wisata terindah di indonesia - taman laut bunaken



·         PUNCAK JAYAWIJAYA atau Puncak Carstensz merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang paling indah. Di sana adalah satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki salju abadi di ketinggian mencapai 5.000 mdpl.
tempat indah di indonesia - puncak jayawijaya
·         TONA TORAJA menjadi satu tempat wisata paling populer di Propinsi Sulawesi Selatan. Sajian khas yang tidak akan Anda temukan di tempat lain adalah kebudayaan asli khas Suku Toraja yang tinggal di daerah tersebut.
wisata terindah di indonesia - tana toraja






·         TAMAN MINI INDONESIA Ibukota Jakarta juga punya satu tempat wisata yang tidak kalah menariknya, yaitu Taman Mini Indonesia Indah. Sebuah tempat yang bisa membuat pengunjungnya mempelajari kebudayaan dari seluruh Indonesia dari satu tempat saja. Tempat wisata di Indonesia terindah dan terkenal ini juga memiliki beberapa wahana yang menarik untuk dicoba, seperti kereta gantung misalnya.
objek wisata terindah di indonesia - tmii
·         CANDI BOROBUDUR Candi yang satu ini adalah candi terbesar yang ada di Indonesia. Bahkan Borobodur Indonesia juga sempat menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan mancanegara ataupun domestik.
objek wisata terindah di indonesia - candi borobudur



4.     CARA PEMASARAN MENURUT SAYA
Setelah saya membaca pendapat para ahli saya memiliki pemikiran cara pemasaran  Dengan cara 
·         pertama kita harus memahami apa itu PEMASARAN,
·         lalu kita harus tahu di mana kita akan MENYALURKAN hasil produksi kita (kuliner dan pariwisata)  stelah itu, 
·         STRATEGI pemasaran karena tanpa strategi kita akan binggung bagaimana kita bisa memasarkan hasil produksi kita (kuliner dan pariwisata) 
·         KINERJA pemasaran setelah kita memahami apa itu pemasaran, penaluran, strategi lalu kita harus bekerja keras agar apa yang kita inginkan akan tercapai atau terwujud.



BAB III
PENUTUP

1.     Kesimpulan
Dari Paparan atau penjelasan di atas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa sesuai dengan makalah “Pemasaraan kuliner dan pariwisata indonesia” penulis menyimpulkan bahwa kita bisa memasarkan kuliner dan pariwisata Indonesia dengan sebaik mungkin dengan cara memahami apa itu pemasaran, saluran, strategi dan kinerja pemasaran dengan sebaik mungkin agar apa yang kita ingkinkan akan terwujud.
2.     Saran
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan detail dalam menjelaskan tentang Pemasaraan kuliner dan pariwisata indonesia  dengan sumber-sumber yang lebih banyak yang tentunya dan dapat di pertanggung jawabkan. Untuk itu penulis butuh saran dan kritik untuk perbaikan makalah ini maupun untuk kedepannya.



DAFTAR PUSTAKA



http://www.rumahreview.com/glossary/definisi-tentang-kuliner.html


PEMASARAN KULINER DAN PARIWISATA INDONESIA PEMASARAN KULINER  DAN PARIWISATA INDONESIA Reviewed by HI on 7:52 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.